Minggu, 05 Juni 2011

Citizen Journalism Sebagai Media Perjuangan Demi Kemaslahatan Umat

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kata-kata adalah senjata. Ada pula yang sampai dengan ekstrimnya berpandangan bahwa tulisan berbicara lebih lantang dari teriakan sekalipun. Hal ini tentunya hanya ingin menjelaskan betapa pentingnya bagi kita untuk mampu menuangkan buah pikiran atau ide-ide kita dalam bentuk tulisan.

Himpunan Mahasiswa Islam adalah sebuah organisasi perkaderan dan perjuangan yang mempunyai tujuan ”Terbinanya mahasiswa Islam menjadi insan ulil albab yang turut bertanggungjawab atas terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhai oleh Allah Subhanahu Wata’ala”, sebuah tujuan yang memiliki dualisme pembangunan. Diawali dengan pembangunan karakter anggotanya menjadi insan yang mampu menjadi insan yang berhasil menggunakan seluruh potensinya untuk pemberdayaan umat. Dan ditegaskan dengan pengelolaan sebuah masyarakat menjadi masyarakat yang bukan saling menghancurkan satu sama lain, dan mematikan keselarasan sosial, namun menjadi masyarakat yang saling membangun menuju kondisi yang lebih baik, berperadaban, dan diridhai Allah.

Selama ini perjuangan kita masih identik dengan demonstrasi massa, tak jarang juga kekerasan menjadi jalan alternatif yang memutus tali toleransi umat. Padahal hal itu dilakukan dengan alasan untuk membela kepentingan serta aspirasi umat. LaPMI Cabang Yogyakarta mengajak kita semua untuk membangun kembali jalan untuk meretas kebenaran dan pencapaian masyarakat berperadaban intelektual. Dengan cara membudayakan citizen journalism. Jurnalisme warga, jurnalisme yang diharapkan lebih independen dalam proses reportase dan mengabarkan kondisi terdekat dengan masyarakat. Menjadikan tulisan jurnalistik sebagai salah satu media perjuangan menuju kondisi masyarakat yang lebih baik. Karena mahasiswa, bukanlah sosok yang eksklusif serta jauh dari masyarakat, namun sosok yang berada dalam himpunan masyarakat, yang diharapkan menjadi tonggak perubahan ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar